Apa itu Google Analytic ?
Fungsi dari Google Analytic
- Reporting, Menyediakan laporan data secara akurat dari sudut pandang website yang berpedoman pada teknik SEO (Search Engine Optimization). Hasil reporting data dapat ditampilkan melalui dukungan grafik dan diagram yang memudahkan anda dalam membaca dan memahami setiap metrik yang ada.
- Menyajikan Fitur Analisis Akurat yang tinggi, apabila anda mengkomparasikan dengan penggunaan GSC atau Google Search Console. Jika data GSC lebih mengarah pada sudut pandang dari sisi mesin pencari, maka GA mempunyai sudut pandang dari segi SEO dan website itu sendiri.
- Memvisualisasikan Data secara Terstruktur, karena anda dapat mengakses GA dalam perangkat mobile (Android, IOS) atau tablet. Proses penggambaran alur data menjadi lebih jelas dan dapat menentukan beberapa parameter yang benar-benar dibutuhkan oleh bisnis atau produk.
- Monitoring Data Collection and Management, GA juga mendukung penggunaan dari library JavaScript, SDK Application, serta Open Measurement Protocol. Protokol tersebut dapat memungkinkan anda dalam mengimpor data pada berbagai macam aplikasi pihak ketiga dengan menghubungkan jaringan internet.
Fitur-Fitur Google Analytic
- Overview (Organizations)
Memiliki fungsi, yaitu mengelompokkan berbagai kebutuhan produk serta metrik untuk diukur ke dalam satu folder saja. Kemudian, terdapat account untuk menangani keperluan pembuatan akun ke dalam layanan analytics. Selanjutnya, property memiliki sebutan sebagai objek yang setiap matriksnya dipantau dan dianalisa ke dalam GA. Objek tersebut dapat berupa website, web app, mobile apps. View adalah istilah lain yang mendefinisikan sebuah data spesifik yang diinginkan oleh pengguna pada property. Dan yang terakhir terdapat istilah penting seperti bounce rate yang berarti jumlah persentase user yang meninggalkan halaman website tanpa melakukan interaksi apapun di dalamnya.
- Audience
Dimana menampilkan beberapa matriks penting seperti laporan data demografi, informasi geografis dari pengunjung, teknologi, hingga bahasa yang digunakan. Pada bagian ini kamu bisa melihat jumlah dan persentase antara pengguna baru dan lama dari periode waktu yang ingin diketahui, jumlah tayangan halaman, jumlah halaman dibuka dalam satu sesi, jumlah sesi per pengguna, bounce rate, dan sistem operasi yang digunakan pengunjung website.
- Acquisition All Traffic
Menu ini berfungsi untuk memberitahukan mengenai hal apa saja yang ingin diketahui terkait faktor penting yang membuat user atau web visitor masuk dan mengunjungi website anda. Anda juga dapat menghubungkan tools analytics ini dengan teknologi Google Adwords untuk mengetahui beberapa aspek terkait PPC (Pay Per Click). Data acquisition all traffic dapat memberikanmu informasi sumber datangnya traffic ke website, misalnya organic search (melakukan pencarian langsung di Google), direct atau kunjungan langsung, kunjungan dari media sosial, maupun referral. Data ini berfungsi menunjukkan seberapa banyak halaman dalam website-mu mendatangkan pengunjung dalam satu waktu.
- Behavior
Pada menu ini akan ditampilkan terkait konten situs anda seperti tampilan informasi berkaitan dengan halaman web teratas, exit page, average time per page, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mendapatkan data yang berhubungan dengan keyword (kata kunci) yang paling banyak dicari oleh user dan page speed setiap halaman web anda.
- Conversions
Fitur yang berfungsi untuk melihat berapa banyak jumlah konversi yang diterima oleh website dan URL anda. Bentuk konversi ini dapat diperoleh melalui organic search, medium, dan media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar