Kesimpulan
Google Analytics (GA) sendiri ialah tool berbasis analitik yang dikembangkan untuk menampilkan data trafik web secara berkala dengan berbagai metrik yang ada. Memiliki beberapa fungsi serta manfaat untuk menunjang kampanye bisnis dan peningkatan revenue perusahaan secara optimal, fungsinya yaitu : Reporting, Menyajikan Analisis Akurat yang tinggi, Memvisualisasikan Data secara Terstruktur, dapat Monitoring Data Collection and Management. Setelah memahami pengertian dan fungsi dari GA, selanjutnya kita harus mengetahui fitur dan istilah pentingnya juga. Berikut fitur yang ada dalam Google Analytics :
- Overview (Organizations), dapat berupa website, web app, ataupun mobile apps.
- Audience, berguna untuk melihat jumlah sesi per pengguna, bounce rate.
- Acquisition, misalnya organic search (melakukan pencarian langsung di Google).
- Behavior, berkaitan dengan halaman web seperti exit page, average time per page.
- Conversions, seperti organic search, medium, dan media sosial.
Setelah mengenal beberapa hal terkait fitur pada Google Analytics, selanjutnya kita harus mengetahui cara kerja dari software tersebut agar dapat mencapai tujuan bisnis dan target output serta outcome yang dicapai untuk kepentingan bisnis perusahaan.
- Realtime
Langkah pertama, jika anda ingin mengetahui terkait informasi trafik pengunjung secara realtime maka anda dapat masuk pada menu ini. Fitur ini telah menyediakan berbagai pilihan seperti data pageview per menit dan detik, jumlah user yang membuka web secara realtime, top keyword, hingga top locations.
- Audience
Kemudian, anda juga dapat mengakses menu audience untuk mendapatkan data secara lengkap terkait personal data visitor website anda. Mulai dari demografi, perangkat, gender, usia, hingga geografi dari tiap user.
- Behavior
Setelah itu, anda dapat beralih menuju menu yang berikutnya, yaitu Behavior yang memaparkan data berupa persentase jumlah pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung lama (return visitor). Selain itu, anda juga dapat memilih data terkait jumlah rata-rata bounce rate serta durasi per sesi tiap halaman.
- Overall & Source Traffic
Matriks penting yang menjadi objective utama setiap pengembang website adalah peningkatan jumlah rata-rata pengunjung setiap harinya. Dengan bantuan Google Analytics, dapat mengetahui lebih detail mengenai persentase jumlah pengunjung yang datang melalui berbagai sumber seperti organic, social media, atau other channel. Sehingga, untuk kedepannya anda dapat menentukan channel marketing yang paling efektif bagi bisnis atau usaha anda.
- Website Speed
Setelah anda mengetahui data terkait trafik pengunjung, juga perlu melakukan optimasi dan monitoring terkait pagespeed dari setiap halaman website anda. Hal ini sangatlah penting, mengingat algoritma update dari Google pada tahun 2021 ini menjelaskan bahwa untuk dapat mencapai halaman pertama di mesin pencarian harus memperhatikan faktor mobile friendly dan kecepatan website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar