Kesimpulan
Dimana harapan, kepuasan pelanggan dan kualitas layanan yang dapat diukur dari kualitas. 5 kriteria pada Metode Servqual yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Sedangkan Webqual memiliki 3 kriteria yaitu, Information Quality, Service Interaction Quality, Usability. Dapat digunakan untuk menganalisis kualitas beberapa website, baik internal maupun eksternal.
Kualitas pelayanan berbelanja online akan tercapai, bila didalamnya ada 7 dimensi e-serqual, yang terdiri dari reliabilitas, efisiensi, fulfillment, privasi, daya tanggap, kompensasi dan kontak. Sedangkan kriteria untuk mengukur peringkat Webometric yaitu :
- Ukuran Website (Size), yaitu jumlah halaman yang terindex oleh Google, Yahoo, dan Exalead. Perolehan score sebesar 20% dari total traffic kunjungan.
- Ketertampakan Website (Visibility), yaitu jumlah seluruh tautan ekternal yang unik dan terdeteksi oleh Google, Yahoo Search. Perolehan score sebesar 50% dari total traffic kunjungan.
- Rich Files (R), banyaknya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk : Adobe Acrobat (.pdf), PostScript (.ps), MS. Word (.doc) dan Powerpoint (.ppt). Perolehan score sebesar 15% dari total traffic kunjungan.
- Scholar (Sc), paper, karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google Scholar. Perolehan score sebesar 15% dari total traffic kunjungan.
Esensi Analisis Web
- Pengumpulan data (Collection of data) : Untuk mengumpulkan data.
- Memproses data menjadi informasi (Processing of data into information) : Untuk mengambil data dan menyesuaikannya dengan informasi, terutama metrik.
- Mengembangkan KPI (Developing KPI) : Berfokus pada penggunaan rasio (jumlah) dan menanamkannya dengan strategi bisnis, yang disebut sebagai indikator kinerja utama (KPI).
- Merumuskan strategi online (Formulating online strategy) : Berkaitan dengan tujuan, sasaran, dan standar online untuk organisasi atau bisnis.
Teknologi analisis web
- Analisis web di luar situs mencakup pengukuran potensi audiens (peluang) situs web, pangsa suara (visibilitas), dan buzz (komentar) yang terjadi di Internet secara keseluruhan.
- Analisis web di tempat, mengukur kinerja situs web Anda dalam konteks komersial. Data ini biasanya dibandingkan dengan indikator kinerja utama yang digunakan untuk meningkatkan respon audiens situs web atau kampanye pemasaran. Contoh layanannya yaitu Google Analytics dan Adobe Analytics.
Sumber data analitik web
Tujuan mendasar dari analisis web adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang terkait dengan lalu lintas web dan pola penggunaan. Data terutama berasal dari 4 sumber yaitu :
- Data permintaan HTTP : Berasal dari pesan permintaan HTTP.
- Tingkat jaringan, server menghasilkan data : bukan bagian dari permintaan HTTP, tetapi diperlukan untuk transmisi permintaan yang berhasil. Contohnya, alamat IP pemohon.
- Data tingkat aplikasi : Dihasilkan dan diproses oleh program, seperti JavaScript, PHP, dan ASP.Net. Ini biasanya ditangkap oleh log internal daripada layanan analisis web publik.
- Data eksternal : Contohnya, alamat IP biasanya dikaitkan dengan wilayah Geografis dan penyedia layanan internet, data kampanye surat langsung, penjualan dan riwayat timah, atau tipe data lain yang diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar