Senin, 04 Oktober 2021

Sistem Informasi pada Jasa Pengiriman (J&T Express)


Dalam sebuah perusahaan, sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam hal menunjang kegiatan bisnis, pengambilan keputusan. Dengan adanya sistem infomasi ini, dapat membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna, sehingga dapat mencapai keunggulan strategis yang kompetitif pada perusahaan tersebut.

PT. Global Jet Express (J&T Express) didirikan sejak 20 Agustus 2015, oleh founder sekaligus owner nya yaitu Jet Lee. Ia mengatakan huruf J&T merupakan singkatan dari Jet & Tony. Berbekal pengalamannya sebagai CEO selama 3 tahun dan bekerjasama dengan Tony Chen, yang merupakan founder dari Oppo Indonesia. Mereka mulai membangun ekspedisi  dengan dana awal kurang lebih 400 Miliar. Perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi berbasis teknologi dan pengembangan internet ini, memiliki kantor pusat di Pluit, Jakarta Utara, juga memiliki jaringan luas yang mendukung kegiatan pengiriman dalam kota, antar kota, antar provinsi, bahkan antar negara. Contohnya yaitu  Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, Kamboja dan China. Di Indonesia sendiri sudah memiliki 100 pusat kantor cabang dan lebih dari 4.000 titik lokasi yang beroperasi.

J&T Express berkomitmen untuk memanfaatkan sistem IT yang canggih untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan ekspres kepada pelanggan. Mengusung slogan “Express Your Online Business”, J&T Express fokus mendukung bisnis online pelanggannya menjadi lebih mudah dan efisien, juga mendorong ekspansi bisnis yang lebih besar di dalam platform e-commerce. Pada saat yang sama, dibangun tugas, berbagi, layanan, tanggung jawab dan berorientasi pada hasil sebagai nilai-nilai perusahaan, J&T Express akan mengejar sikap terbaik dalam menciptakan perusahaan ekspres berbasis teknologi terbaik di Asia Tenggara.

Sistem Informasi yang digunakan ialah E3 system J&T Express. Bisa disebut Transaction Processing System (TPS), System ini terintegrasi dan dimanfaatkan oleh J&T express, sebagai layanan pengelolaan berbagai aspek dari proses bisnis dalam hal logistic, mencakup didalamnya Transaction Processing System dengan system barcode sprinter. Untuk mencari seperti tarif, wilayah, hardware, software dan kemudian akan terhubung ke database melalu internet. System akan terus update setiap detiknya. Dimulai dengan user memasukkan pencarian berdasarkan tarif atau wilayah kemudian akan mencari ke database melalui web browser. 

Sedangkan sistem yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar anggota tim bisnis dan kelompok kerja dalam sebuah Perusahaan merupakan Enterprise Collaboration System (ECS). Semua karyawan J&T ini memiliki chat room nya tersendiri. Jadi, data dan informasi mengenai tingkat performansi komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi tersebut dapat menjadi sebuah sumber daya strategis untuk memajukan kinerja bisnis dan pencapaian tujuan tertentu dari suatu organisasi.

Serta sistem informasi yang melakukan pengambilan keputusan rutin untuk memantau dan mengontrol proses-proses operasi ialah Procces Control System (PCS). Keputusan rutin ini dilakukan secara otomatis oleh computer tanpa menunggu pertimbangan dari pengguna. Oleh karena itu, J&T menggunakan sistem ini, untuk mengembangkan system E3 atau system spinter barcode, manfaatnya agar dapat memantau pergerakan barang kiriman, dapat mengetahui status barangnya. Setiap tahapan dapat dipantau melalui https://www.jet.co.id/ dengan memasukkan nomer resi yang tertera pada kwitansi pengiriman paket tersebut.


Untuk mendukung management Sistem Informasi tersebut, J&T Express juga menggunakan SIA (System Informasi Akutansi), dengan teknologi informasi dalam pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan ualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Dan menggunakan IRS (Information Reporting System) System ini, mampu mempercepat proses kerja pada perusahaan. Dan system ini tidak perlu menginput data kiriman yang jumlahnya jutaan paket tiap bulan. System ini juga mampu memberikan status yang jelas setiap kali barang berpidah, selalu ada proses pemindahan dan pencatatan nya.

Terakhir, untuk memasarkan jasa pengiriman ini, agar tetap unggul dari jasa pengiriman lain. J&T Express melakukan promosi dengan cara bekerja sama dengan E-Commerce yang ada di Indonesia, dan mencari brand ambassador tambahan yang memiliki panggung seperti Dedy Cobuzer, agar selalu di ingat oleh masyarakat, terutama masyarakat awam. 


Sumber : 

https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/1374/352
http://noviasindi.mahasiswa.unimus.ac.id/wp-content/uploads/sites/820/2018/05/SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN-JASA-PENGIRIMAN-JT.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...