Kamis, 02 Juli 2020

Kemajuan Teknologi dan Budaya dalam Pola Hidup Manusia di Era Digital

Seiring berkembangnya teknologi dari masa ke masa, berakibat budaya di Indonesia pun ikut meningkat, Tanpa kita sadari Kehadiran Teknologi ini, membawa pengaruh dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pengaruh tersebut bisa dirasakan dalam bidang kebudayaan, yang menjadi tolak ukur manusia agar bisa memanfaatkan Teknologi dalam pola hidupnya. Pola hidup manusia sendiri bergantung pada makanan sehari-hari yang sudah dikonsumsinya. 



Sejarah perkembangan makanan di Indonesia dimulai sejak zaman prasejarah sampai terjadinya revolusi sejarah Eropa sampai abad 20 saat ini. Pada zaman prasejarah, manusia mengkonsumsi makanan hanya untuk memenuhi rasa lapar saja. Manusia purba pada zaman dahulu memperoleh makanan dengan cara berburu, memakan daun-daunan, umbi-umbian. 

Semua bahan Makanan yang diperolehnya dikonsumsi secara mentah, karena belum ditemukannya api. Namun, setelah berkembangnya zaman ditemukanlah api, dan ada seseorang yang tidak sengaja meletakkan daging diatas api tersebut hingga matang lalu dikonsumsi mereka. Sejak kejadian itu, mereka menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan tidak hanya untuk memenuhi rasa lapar saja.



Perkembangan pengolahan bahan makanan dari masa ke masa dimulai sebelum abad XII, pada zaman itu bahan makanan hanya dimasak dengan cara dibakar dan direbus. Pada abad XIII zamannya bangsa Eropa menjelajah Marcopolo yang saat itu ditemukannya penggunaan dan pembuatan Mie. Setelah itu, Marcopolo mengembangkan hasil penemuannya tersebut menjadi Spaghetti yang menjadi makanan khas italia. Sekitar abad XIV bangsa romawi dan Eropa berhasil menciptakan Saus yang digunakan untuk berbagai hidangan. Pada permulaan abad  XVI terjadinya perang dunia I yang mengakibatkan hubungan bangsa Belanda di Indonesia dengan bangsa Eropa terputus. Maka dari itu, orang-orang Belanda mulai mencoba, mengembangkan makanan Indonesia yaitu Rijsttafel, adalah suatu menu yang disertai bahan pokok nasi. Lalu, mulai dikenalnya margarin pada zaman Nepelon. 

Setelah melihat sejarah makanan dari zaman manusia purba, hingga sampai saat ini memiliki banyak perkembangan yang begitu pesat, contohnya dalam hal penyediaan bahan, teknik memasak dan pengawetan makanan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Makanan banyak tersedia dan mudah diperoleh di zaman sekarang, bahkan setiap daerah di Indonesia pun sudah bisa merasakan perkembangan teknologi dalam hal makanan.


Tidak heran lagi, jika manusia zaman sekarang sering menggunakan HP atau teknologi yang lainnya. Karena teknologi tersebut, kita bisa memanfaatkannya untuk membeli bahan-bahan makanan, alat-alat masak, bahkan bisa membeli makanan cepat saji yang sudah matang menggunakan aplikasi yang ada, dan siap-antar juga. Jadi, Kita tidak perlu repot keluar rumah, karna zaman sekarang semuanya sudah serba mudah, dalam hal melakukan pekerjaan, memesan makanan, belanja oline, dan lainnya.

Makanan tradisional di Indonesia dari zaman dahulu sampai zaman sekarang, tidak berubah dan tidak mudah terlupakan karena, suatu daerah bahkan lingkungan kita sehari-hari masih menyediakan makanan tradisional tersebut, perubahannya mungkindi penyajian makanan nya saja. Maka, sebaiknya bangsa Indonesia tetap menyajikan bahkan mengembangkan makanan tradisional menjadi makanan modern yang banyak digemari oleh remaja jaman sekarang. 


Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...