Minggu, 12 Juli 2020

Perkembangan Transportasi di Indonesia, Apakah Menjadi Masalah atau Solusi Bagi Publik ?

Transportasi yaitu perpindahan manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan. 
Transportasi umum adalah layanan angkutan penumpang yang secara berkelompok dan dapat digunakan oleh masyarakat umum. 

Pada masa Awal Kolonial, delman menjadi transportasi satu-satunya di masa ini, digunakan oleh masyarakat Indonesia termasuk batavia. Lalu, Belanda mulai memperkenalkan trem, transportasi umum yang mirip kereta listrik dan lebih maju dari delman. Pada Tahun 1930, masuklah becak di Indonesia. Tahun 1962, muncul lah bemo, namun setelah beroperasi selama 9 tahun, perusahaan memutuskan untuk berhenti beroperasi. Tahun 1970 dikembangkan, Angkutan Kota atau Mikrolet sebagai pengganti bemo. Tahun 1972, muncul lah blue bird atau biasa disebut taksi. Tahun 1985-1990, bus tingkat beroperasional, lalu sempat redup dan kembali hadir di Tahun 2014 sebagai sarana Bus Wisata. Sejak Tahun 2014 Indonesia dihebohkan dengan transportasi baru berbasis aplikasi online yang menawarkan Ojek dan Taksi Online. Dan Tahun 2019 Hadirlah MRT di Indonesia.

Dari perkembangan Transportasi yang ada, memiliki berbagai masalah dan solusi di masing-masing Zaman tersebut. Contoh masalahnya yaitu seperti pada kendaraan bajaj yang menyebabkan polusi udara serta tidak ramah Lingkungan, walaupun sekarang ada beberapa bajaj yang masih beroperasi di Indonesia, seharusnya bisa dikembangkan menjadi kendaraan yang ramah lingkungan di masa yang akan datang. Sedangkan contoh solusi bagi Masyarakat yaitu adanya transportasi umum berbasis aplikasi onilne, yang menawarkan ojek, taksi online, pesan-antar makanan. Adanya Aplikasi online untuk transportasi umum, sangat membantu, karena dapat mempermudah, mempercepat aktivitas kita sehari-hari. Tinggal pesan Jasa Ojek/taksi online, tunggu beberapa menit, sudah sampai di depan rumah kita. Transportasi berbasis Online ini, sangat digemari oleh generasi Milenial di Indonesia. 



Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...