Senin, 13 Juli 2020

Ilmu Budaya Dasar : Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial

Mengapa manusia bisa disebut sebagai Makhluk Individu juga Makhluk sosial ?? pengertian Manusia itu sendiri merupakan Makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dan dibekali akal pikiran untuk berkarya dimuka bumi. Manusia termasuk makhluk yang lemah dibanding dengan makhluk lainnya,namun karena memiliki akal dan kemampuan yang sangat kuat, manusia bisa bertahan hidup dan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi di bumi ini. 

Pada dasarnya, manusia merupakan Makhluk Sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Tapi, beberapa manusia memilih hidup sendiri (Individu) dan tidak ingin bersosialisasi dengan manusia yang lainnya. Namun, ada juga manusia menjadi makhluk yang individu dikarenakan kepentingan pribadi yang orang lain tidak boleh mengetahuinya. Peran Manusia sebagai Makhluk individu diantaranya yaitu Menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat nya, seperti halnya untuk kepentingan individu itu sendiri. Dari peran tersebut Banyak hal positif dan negatifnya. Contoh positifnya yaitu, manusia bisa menyimpan hal-hal yang tidak boleh diketahui orang lain di dalam dirinya saja. Dan contoh negatifnya, Manusia tersebut menjadi jarang bersosialisasi dan akan dijauhkan oleh orang lain, karena hanya mementingkan dirinya sendiri. 

Peran Manusia sebagai Makhluk sosial sangatlah penting untuk memenuhi kehidupan sehari-hari kita. Dalam hidupnya manusia tidak bisa lepas dari pengaruh manusia lain. Karena di dalam dirinya ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, hal tersebut bisa dikatakan alasan Manusia disebut sebagai Makhluk Sosial. Alasan lain, kenapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial? karena manusia tunduk pada aturan, norma sosial. Serta perilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain. Manusia sendiri juga tidak bisa bertahan hidup, kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia lainnya.


Sumber :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...