Senin, 25 November 2019

Tugas SoftSkill3 : Pertentangan Sosial (Etnis)

Pertentangan Sosial adalah suatu konflik yang timbul akibat adanya faktor-faktor sosial. atau bisa disebut salah satu akibat penyimpangan norma yang ada, pertentangan ini dapat terjadi di kehidupan bermasyarakat, contonya seperti Konflik antar suku/etnis di Indonesia. Ngomong-ngomong soal etnis, Apa itu Etnis ? Etnis adalah suatu golongan manusia yang anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesama nya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Jenis-jenis Etnis di Indonesia antara lain suku jawa, aceh, madura, dayak, betawi, bali, papua, dan yang lainnya.


Disini saya akan membahas singkat tentang konflik antar suku, contohnya Konflik Suku Aceh dan Jawa. Konflik tersebut dilatar belakangi oleh sejarah panjang, yakni sejak zaman kerajaan Majapahit. selain itu, adanya tindakan diskriminatif pemerintah pada masa orde baru yang di nilai masyarakat Aceh sebagai pemerintahan Jawa. Dengan demikian dapat dijelaskan konflik di aceh lebih menekankan perjuangan kelas atas hak-hak terhadap masyarakat Aceh. Dan Pada Agustus 2005, pihak pemerintah Indonesia dan GAM bersepakat menandatangani perjanjian damai di Helsinki Finlandia, yang kemudian melahirkan nota kesepahaman bersama. Namun, masih terjadi tindak kekerasan dan pembunuhan terhadap etnis jawa yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Lewat Gerakan Separatis yang bernama Gerakan Aceh Merdeka, sebagian warga Aceh kemudian berusaha mengusir suku-suku pendatang dari tanah nenek moyang nya. Dalam hal ini suku jawa yang menjadi suku pendatang. Konflik pun muncul dan Pengusiran orang-orang suku jawa dari tanah Aceh harus terjadi. Namun, seiring perundingan antara pemerintah NKRI dan Gerakan Separatis Aceh Merdeka, Konflik ini pun dapat diselesaikan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa konflik itu perlu dan penting untuk mewujudnya perubahan sosial yang lebih baik. Dari contoh Konflik diatas, bagaimana caranya agar bibit-bibit etnis tidak menjadi masalah yang besar yaitu dengan menghargai perbedaan sesama manusia baik antar suku,ras,agama,maupun bahasa, tidak mudah terjerumus pada berita hoax yang hanya ingin memecah belah antar suku, Kita juga harus menanamkan moral dan menambah pengetahuan agar tidak mudah percaya dengan berita yang belum tentu kebenarannya, supaya masalah konflik-konflik yang dulu sudah terjadi, tidak akan terulang lagi di era sekarang.

Terimakasih sudah baca blog saya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan;)



Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...