Senin, 25 November 2019

Dampak IPTEK bagi Kehidupan Masyarakat

Apa itu IPTEK ? 


Dapat diartikan IPTEK adalah sesuatu yang berhubungan dengan Teknologi. Sedangkan teknologi itu sendiri yaitu sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek di kehidupan manusia, yang awalnya dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang sangat modern. Di era sekarang, karena adanya teknologi segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara yang praktis. Karena Penggunaan teknologi tersebut menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. contohnya, Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama, kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat cepat. Hal ini disebabkan karena semakin cepatnya akses informasi dalam kehidupan sehari-hari. Bagi masyarakat seperti kita, teknologi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teknologi ini, membawa pengaruh baik maupun buruk terhadap kehidupan bermasyarakat.

Berikut dampak positif  dari teknologi  yaitu :
  1. Kita dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan serta mudah mencari informasi lewat google, bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran, contohnya dengan adanya E-Learning dan bimbel online seperti Ruang Guru.
  2. Kita bisa mengetahui berita terbaru yang ada di Indonesia maupun di luar negeri melalui internet. Serta dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan cepat, mudah dengan teman lewat media sosial seperti facebook, WhatsApp.
  3. Adanya teknologi memudahkan kita dalam berdagang secara online dan memudahkan masyarakat untuk belanja/membeli barang2 tersebut secara online. Selain itu, keberadaan Internet Banking pun mempermudah masyarakat untuk proses transaksi pembayarannya. 
  4. Dengan teknologi smartphone, bisa mempercepat pekerjaan masyarakat, dengan menggunakan aplikasi gojek/grab, kita bisa langsung pesan dan gojek tersebut akan datang, tidak perlu repot mencari dan mendatangkan ojeknya langsung. dengan adanya aplikasi tersebut, mempermudah aktivitas kita serta menghemat waktu kita.
Dampak negatifnya yaitu :
  1. Masyarakat jadi merasa ketergantungan deangan adanya teknologi ini, karena kita bisa saja menggunakan smartphone setiap saat dan membuang waktu yang sia-sia.
  2. Banyaknya berita hoax di Media Sosial yang tujuannya untuk menjerumuskan kita ke hal-hal yang negatif. 
  3. Masih banyak penjual online yang tidak jujur, contohnya membesarkan harga suatu barang, yang seharusnya tidak besar, serta bayak penjual yang mengirimkan barang tapi tidak sesuai dengan deskripsi ditokonya tersebut. 
  4. Banyak terjadi pelecehan seksual lewat media sosial.
Maka dari itu, kita sebagai masyarakat milenial harus bisa memanfaatkan perkembangan IPTEK sesuai dengan kebutuhannya saja, tidak terus-menerus menggunakannya sampai lupa waktu. Serta, jika ada berita terbaru, kita harus bisa mengolah dan mencari asal-usulnya terlebih dahulu baru dibagikan ke masyarakat lain.

sekian dari saya, mohon maaf jika masih banyak kesalahan;)



Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...