Senin, 25 November 2019

Dampak Teknologi terhadap Kemiskinan


Perkembangan IPTEK tidak terlepas dari kemiskinan, begitu pun kemiskinan tidak terlepas dari kehidupan masyarakat. Kemiskinan dalam bidang ekonomi selalu menjadi kendala, dan Sangat sulit untuk memberantas kemiskinan ini, tetapi jika kita memanfaatkan IPTEK, maka kita dapat memberantas kemiskinan yang ada dan tidak akan ada lagi pengamen, pengemis,pekerjaan yang tidak layak lainnya. Kemiskinan terjadi karena rendahnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan yang rendah. Di era sekarang ini, kita seharusnya bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada, agar bisa mengambil sisi positif dan negatif nya di kehidupan.

Dampak Positif:
  1. Karena adanya teknologi, bisa meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh. 
  2. Sebenernya banyak terbuka nya lapangan kerja untuk memberantas kemiskinan yang ada, hanya saja manusia nya sendiri yang masih banyak memilih pekerjaan tidak layak, contohnya kita bisa memanfaatkan adanya teknologi untuk daftar menjadi gojek/grab. 
  3. Dengan adanya teknologi ini, kita bisa memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan yang kita miliki.
Dampak Negatifnya yaitu :
  1. Akibat dari semakin meningkatnya jumlah penduduk dan perkembangan IPTEK, menimbulkan kerusakan-kerusakan sistem lingkungan alam. yang akan mengakibatkan kemiskinan.
  2. adanya teknologi, membawa banyak pengaruh buruk untuk remaja, yaitu mereka bisa terpengaruh akan nilai budaya yang luar melalui media massa termasuk film-film di televisi. 
  3. Akibat dari berkembangnya IPTEK, dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja, tetapi hal ini memunculkan kesenjangan sosial di masyarakat. Mereka yang tidak menguasai teknologi akan tertinggal dan hidup miskin. Dan terjadilah perbedaan antara si kaya dan si miskin. hal itu dapat mendorong kecemburuan sosial. 
Kesimpulannya, perkembangan teknologi sebetulnya tidak membuat masyarakat menjadi miskin, tapi membatu masyarakat dalam bidang apa pun, contoh lainnya untuk memberantas kemiskinan. Tetapi itu semua tergantung pada masyarakatnya masing-masing, sudah bisa memanfaatkan teknologi dengan baik atau belum? untuk apa teknologi sudah berkembang tapi manusia nya tidak berkembang juga ? diluar sana masih banyak pengemis, pengamen dan pengangguran. seharusnya mereka semua bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing

Sebutkan dan jelaskan Konsep Quantum Computation! Quantum Computation adalah paradigma komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika ku...