Berkat adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis. Salah satunya yaitu E-commerce. Namun, Apa itu E-Commerce? merupakan Segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Di Indonesia sendiri, ada 2 E-Commerce yang paling populer dikalangan masyarakat, ialah Tokopedia dan Shopee. Disini saya akan mereview kedua website tersebut.
Sebelumnya, apa sih Tokopedia? merupakan perusahaan perdagangan elektronik yang berasal dari Indonesia. Didirikan oleh William Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Sedangkan Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura dan dimiliki oleh Sea Limited, pertama kali diluncurkan tahun 2015. Setelah mengenal singkat tentang keduanya, tiba saatnya kita review berdasarkan Prinsip Desain Grafis dalam Interaksi Manusia & Komputer (IMK). Dimana, Prinsip Desain grafis meliputi :
- Metaphor (Metafora), ialah aplikasi yang menghubungkan antara presentasi dan elemen visual dengan item yang berkaitan. Contoh website yang menerapkan prinsip ini pada webnya ialah, Website https://www.tokopedia.com/ dan https://shopee.co.id/, dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.
- Clarity (Kejelasan), Dimana penggunaan background berwarna putih dianjurkan agar mata tidak mudah lelah dan pusing dengan aktifitas atau elemen yang ada pada suatu website. Website https://www.tokopedia.com/ dan https://shopee.co.id/, telah memenuhi salah satu syarat dalam prinsip ini yaitu penggunaan background yang berwarna putih.
- Consistency (Ketetapan), seperti tampilan, pewarnaan, gambar. Website https://www.tokopedia.com/, https://shopee.co.id/, memiliki prinsip konsistensi yang baik, dalam layar maupun antar layar. Desainnya cukup memukau dan menarik untuk dilihat. Juga memiliki warna khas nya yaitu tokopedia berwarna Hijau, sedangkan Shopee berwarna Orange.
- Alignment (Perataan), gunakan rata kiri, kanan atau tengah. Website https://www.tokopedia.com/ dan https://shopee.co.id/, sudah memiliki prinsip ini, karena teks pada kedua website itu, dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.
- Proximity (Kedekatan), Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut. Website https://www.tokopedia.com/ dan https://shopee.co.id/, contohnya jika kita ingin melihat kategori apa saja yang ada, maka setiap item per kategori tersebut memiliki jarak masing-masing agar user tidak salah mengklik item nya.
- Contrast (Keserasian Tampilan), akan membuat pengunjung web tertarik pada web tersebut. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau suatu interface. Kedua Website https://www.tokopedia.com/ dan https://shopee.co.id/, mempunyai kontras yang sama, contohnya jika ada Flash Sale, kontras dibagian tersebut diperkuat agar jika user baru membuka web tersebut, yang muncul pertama kali yaitu menu Flash Sale.
Selanjutnya perbandingan antara kedua website tersebut, pada bagian halaman utama, Tokopedia lebih mengutamakan tampilan Diskon yang lebih banyak dibandingkan dengan Fitur atau Kategori yang disediakan di web tersebut. Sedangkan Shopee lebih mementingkan Kategori atau merk yang disediakan di web tersebut, dan tampilan diskonnya hanya sedikit saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar