Usability berasal dari kata usable yang berarti dapat digunakan dengan baik, juga di katagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi. Sedangkan Pengertian prinsip usability pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem yang digunakan oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan. Untuk mencapai sebuah tingkat usability yang baik bagi para pengguna, dibutuhkan tiga prinsip yaitu :
- Learnability, dimana pemula dapat mempelajari dan memanfaatkan sistem secara optimal.
- Flexibility, sistem yang memenuhi usability, dapat dioperasikan dengan prosedur yang tidak kaku.
- Robustness, kehandalan sebuah sistem dalam mencapai tujuan khususnya dari sudut pandang pengguna.
Selain 3 prinsip diatas, didalam prinsip usability juga terdapat 6 hal yang perlu kita perhatikan yaitu :
- Human Ability, kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Memiliki 2 perbedaan, yaitu Human ability baik (Kemampuan memahami tinggi, Mekanisme konsentrasi kuat, Pengenalan pola pikir kuat) sedangkan Human ability buruk (Durasi STM terbatas, Proses yang cenderung salah dan lambat).
- Human Capability, kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya tetapi lebih mengarah kepada anggota pengindraan pada manusia itu sendiri, contohnya seperti Mata, Telinga, Peraba.
- Memory, suatu tempat untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan factual dan pengetahuan procedural. Ada 4 type memori yaitu : Perceptual Buffer (memori sensor), Short Term Memory (memori ini dapat diakses dengan cepat), Inermediate, dan Long term memory.
- Observations, pengamatan dimana orang lebih focus untuk menyelesaikan masalah, tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif. Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian.
- Problem Solving, atau yang biasa kita kenal dengan penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah dalam IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan, bisa juga menggunakan Deduktif, Induktif, Abduktif.
UCD (User Centered Design) atau dikenal dengan perancangan berbasis pengguna adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Prinsip dalam UCD yaitu : Fokus pada pengguna, Perancangan terintegrasi, Pengujian pengguna, dan Perancangan Interaktif.
UCD (User Centered Design) atau dikenal dengan perancangan berbasis pengguna adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Prinsip dalam UCD yaitu : Fokus pada pengguna, Perancangan terintegrasi, Pengujian pengguna, dan Perancangan Interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar