Pengertian Ekonomi Web
Ilmu Ekonomi diartikan dalam kamus sebagai cabang pengetahuan yang berkaitan dengan produksi, konsumsi, transfer kekayaan. Sedangkan definisi web sendiri, sudah pernah saya bahas di pertemuan sebelumnya, yaitu sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan menggunakan browser dengan URL website.
Contoh Ekonomi Web
Dapat diartikan menjadi Ekonomi digital yang mana merupakan bentuk aktivitas ekonomi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi agar lebih aman dan efisien. Ini bukan hanya terbatas pada transaksi jual beli barang, namun mencakup digital marketing, dompet digital, pinjaman online, investasi. Contoh Ekonomi Digital yaitu :
- Jual beli barang : Toko online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Sociolla.
- Transportasi berbasis digital : GO-JEK dan GRAB. Layanan ini menciptakan sinergi dan lebih efisien antara tukang ojek atau supir taksi dengan konsumen.
- Sistem pembayaran : OVO, DANA, LinkAja. Selain berfungsi sebagai dompet digital untuk menyimpan uang, juga bermanfaat untuk melakukan pembayaran rutin seperti tagihan listrik, asuransi, dan tagihan lainnya.
- Investasi = Aplikasi Ajaib. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham dan reksadana dengan mudah.
Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web
Iklan sendiri adalah komunikasi non personal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti kran dan majalah atau di tempat-tempat umum. Beberapa dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara lain :
- Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera konsumen.
- Media akan mendapat keuntungan, karena pengiklan (melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
- Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.
- Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain (para pesaing) akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
- Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi.
- Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan dalam masyarakat.
- Dampak kepentingan Produksi Massal.
- Dampak Terhadap Nilai suatu Produk yaitu Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu, Dapat menambah nilai yang lebih positif, Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen
- Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar