Jenis Web Berdasarkan Sifatnya :
- Website Dinamis = content yang dapat berubah. Contohnya wikipedia, detik, olx dan blog. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
- Website Statis = content yang jarang berubah. Contohnya website company profile dan website profil organisasi.
Berdasarkan Fungsinya :
- Search Engine (pencari website lain), contohnya Google, dan Yahoo!
- Blog (content yang berfokus pada manajemen artikel), contohnya bloggger.
- Social Networking dapat menyediakan fasilitas untuk pengguna berinteraksi dengan pengguna lain. Contohnya facebook, twitter, instagram, telegram.
- Forum memiliki kemampuan pengguna untuk berdiskusi, Website forum yang terbesar di Indonesia adalah kaskus.
- Website Berita (mengelola, mempublikasikan berita), contohnya ialah detik.
- Website Gallery (menyediakan, mengelola, mempublikasikan gambar secara online), contohnya yaitu picasa.
- Multimedia dapat melakukan streaming untuk video, audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu, contohnya Youtube.
- E-Learning menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Contoh website e-learning di Universitas Gunadarma sendiri ialah v-class, kursusvmlepkom.
- E-Commerce (toko online) Contohnya Tokopedia, Amazon, Bukalapak.
Berdasarkan Jenis Domain :
- Web Bisnis dibuat dengan orientasi perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis, biasanya memakai domain .com untuk Top Level Domain (TLD) dan .co.id untuk Country Top Level Domain, .net dan .net.id untuk bisnis jaringan.
- Web Pemerintahan yang sengaja dipergunakan untuk kepentingan pemerintah bisanya menggunakan domain .gov atau .go.id
- Web Lembaga dan Organisasi bisa membangun sebuah website menggunakan domain berakhiran .org atau .or.id
- Web Lembaga Pendidikan menggunakan domain berakhiran .edu atau .sch.id untuk sekolah dasar dan menengah, .ac.id untuk perguruan tinggi.
- Web Perseorangan bisa menggunakan .com, juga banyak yang menggunakan .web.id, .info, .name, .me dan lainnya.
- Web Kebutuhan Khusus untuk militer dengan menggunakan domain .mil dan juga website khusus seperti untuk televisi menggunakan domain .tv
Karakteristik Bentuk Web
- Usability (Efisien, Tingkat kepuasan pemakai).
- Sistem navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung secara keseluruhan.
- Graphic Design (grafis, layout, warna, typografi yang menarik visual pengunjung untuk menjelajahi website).
- Content yang bermanfaat
- Kompatibilitas peralatan yang ada, misalnya browser dengan berbagai plug-in (contohnya IE, Mozilla, Opera, Netscape, Lynx, Avant, Maxthon).
- Loading time, contohnya bandwith, pengunjung memiliki waktu 8 detik untuk memilih tetap menjelajahi website atau pergi ke website lain. Oleh karena itu, letakkan sesuatu di 8 detik pertama tersebut yang bisa menarik perhatian pengunjung.
- Functionality menciptakan sebuah website yang dinamis, interaktif dan hidup. Aspek yang tidak boleh dilupakan adalah accesibility, agar membantu pengunjung website yang memiliki kekurangan fisik (Accesibility Checklist Recomendationnya W3C).
Perilaku Navigasi pada Web
Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user tidak tersesat dan mudah menemukan halaman lain dalam website. Di situs online shop, penggunaan navigasi sangat penting agar pengunjung situs tersebut tidak mudah bosan dengan tampilan websitenya. Ada dua tipe navigasi yaitu :
- Standar = memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer.
- Advance = Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri sebuah situs, dengan cara lebih spesifik. Misalnya lewat kategori, pengarang, produsen,range harga.
Tokopedia.com merupakan situs belanja online yang dibuat Indonesia. Penempatan menu yang terstruktur dan berposisi di pojok kanan atas membuat website ini terlihat menarik, juga navigasinya terlihat ketika pengunjung ingin mencari suatu produk, pastinya dibagian footer terdapat contact us, FAQ, privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang.
Perilaku Pencarian pada Web
Pencarian atau Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan data yang disimpan dalam komputer (WWW), fitur pencarian internal telah di desain dengan batasan tertentu, pengumpulan data dilakukan secara otomatis, mesin pencari sendiri dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup, paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Sedangkan mesin pencari dengan sumber terbuka, contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Bing ialah situs mesin pencari web, bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap produksi terdahulu (Live Search, Windows Live Search, MSN Search). Meski popularitasnya tidak seperti Google, Bing masih punya bagian besar di lalu lintas mesin pencari.
Sumber :
http://agungpspid.blogspot.com/2016/09/jenis-jenis-dan-karakteristik-web.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar